Sat. Jul 2nd, 2022

Kita pasti tahu seperti apa rasanya memiliki mobil baru. Kalau bisa, Anda pasti akan mencoba untuk selalu membungkusnya agar kondisinya tetap sempurna. Untuk menjaga agar performa mobil tetap terasa seperti baru, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan yakni oli mobil!

Tetapi mengapa mobil baru memerlukan oli mesin?

Mobil-mobil berperforma tinggi seperti Porsche dan Corvettes pun menggunakan oli mobil sejak hari pertama atau pemakaian pertama — lebih spesifiknya, menggunakan oli Mobil 1™. Pasalnya oli mesin memiliki kemampuan untuk memperbaiki penggunaan bahan bakar dan membuat mesin mobil bekerja lebih optimal.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, ambil buku manual mobil dan pelajarilah. Di dalamnya, Anda akan menemukan panduan lengkap tentang viskositas, sertifikasi, dan spesifikasi yang direkomendasikan pabrik untuk mesin mobil Anda.

Jika informasi ini dirasa terlalu membingungkan, jangan khawatir. Berikut adalah pembahasan dasar mengenai oli mesin mobil.

  1. Viskositas

Seperti madu dan air, saat keduanya dituang dari gelas, kedua cairan tersebut akan mengalir dengan kecepatan yang berbeda. Itulah yang disebut viskositas atau kekentalan. Untuk oli mesin, kekentalan atau viskositas lah yang menentukan seberapa cepat oli mengalir dan melindungi mesin. Semakin tinggi atau besar angkanya menandakan semakin tinggi tingkat viskositasnya atau kekentalannya, dan oli akan semakin kental serta semakin lambat lajur alirnya.

Viskositas yang terlalu tinggi akan mengakibatkan mesin menjadi kurang responsif. Hal tersebut akan membuat mobil Anda boros bensin karena diperlukan energi lebih agar oli bisa mencapai area mesin yang penting. Kebanyakan mobil zaman sekarang membutuhkan oli mesin yang lebih ‘ringan’. Jadi, oli dengan viskositas rendah seperti Mobil 10W-40 adalah pilihan tepat untuk efisiensi bensin dan mesin mobil.

  1. Tipe Oli Mesin

Ya, terdapat beberapa jenis oli mesin di luar sana! Anda bisa menemukan oli yang pas atau cocok untuk mesin mobil Anda dengan melihat buku manual. Namun Anda juga harus memahami perbedaan dasar antara oli full synthetic, semi-sintetis, dan oli konvensional.

  • Oli konvensional adalah oli yang memiliki ketahanan yang relatif rendah terhadap panas dan oksidasi. Oli ini rata-rata bisa tahan hingga 5.000 km. Artinya, Anda harus mengganti dengan oli mesin lebih sering — Anda harus mengorbankan biaya dan waktu.

Namun, jika mesin Anda sudah tua dan selalu menggunakan oli konvensional, dengan terus menggunakan oli ini juga akan memberikan proteksi yang berguna bagi mesin mobil.

  • Oli full sintetis bisa bertahan hingga lebih dari 10.000 km dan sangat tahan terhadap panas dan oksidasi. Dengan interval penggantian oli yang lebih lama, Anda tidak perlu terlalu sering membawa mobil ke bengkel.

Karena lebih “licin”, oli sintetis memiliki sifat anti-gesek yang lebih dari oli konvensional. Selain membuat mesin yang lebih responsif dan bensin yang lebih awet, oli ini juga membantu memperpanjang umur mesin mobil.

Jika Anda membeli mobil baru yang sudah dilindungi dengan oli mesin sintetis, gunakan oli sintetis Mobil 1 untuk membuat performa mobil Anda selalu dalam kondisi yang prima seperti baru terus.

  • Oli semi sintetis mengandung manfaat dari oli mineral dan oli sintetis. Dengan kata lain, oli yang satu ini merupakan gabungan dari kedua oli tersebut. Pelajari lebih lanjut tentang beberapa jenis oli dan fungsinya untuk mesin mobil Anda Secara umum…
  1. Spesifikasi OEM

Sekarang Anda sudah tahu bahwa oli mesin Mobil sudah melebihi sertifikasi industri. Apa langkah selanjutnya?

Ketahuilah bahwa meskipun viskositasnya sama, tidak semua merek oli mesin memiliki tingkat sertifikasi yang sama. Merek terkemuka seperti Mobil 1 juga mengikuti spesifikasi OEM dari produsen mobil terbaik seperti Mercedes AMG dan Mclaren. Jadi, dengan memilih Mobil, berarti kualitas dan performa oli Anda telah terbukti dan didukung oleh beberapa OEM terkenal.

  1. Sertifikasi

Ya, bahkan oli mesin pun membutuhkan sertifikasi. Oli Mobil 1 diformulasikan untuk memenuhi, bahkan melampaui, sertifikasi industri. Selain itu, oli mesin Mobil 1 dibuat untuk melampaui kriteria oli terbaik dari produsen-produsen pembuat mobil terbaik dengan performa tinggi seperti:

  • API (American Petroleum Institute)
  • ACEA (Association of Certified European Automakers
  • ILSAC (International Lubricant Standardization and Approval Committee)

Sebelum Anda menilai oli mesin berdasarkan labelnya…

Ingatlah bahwa varian oli mesin Mobil terkemuka menawarkan banyak sekali pilihan. Oleh karena itu, mintalah montir untuk menggunakan oli Mobil pada jadwal servis selanjutnya dan rasakan performa mesin mobil seperti baru untuk waktu yang lebih lama

By admin