Sat. Jul 2nd, 2022

6 Tips Ampuh Merawat Bunga Anggrek Agar Tumbuh Subur Dan Berbunga

Bunga anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang banyak digemari oleh para pecinta bunga, hal ini tentu dikarenakan oleh keindahan bunga yang memukau. Bagi mereka bunga yang dapat tumbuh subur dan berbunga indah merupakan suatu kebahagiaan tersendiri.

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang memerlukan perawatan ekstra supaya dapat tumbuh subur dan selalu berbunga. Karena jika perawatannya kurang bagus, maka pohon tidak akan berbunga bahkan jika berbungapun pasti bunganya tidak bagus dan tidak mekar sempurna.

Oleh karena itu, perlu beberapa tips dalam perawatan bunga anggrek, seperti yang akan di bahas pada artikel kali ini. Namun, sebelum membahas beberapa tips tersebut, mari kita berkenalan dengan beberapa jenis bunga anggrek yang memiliki lebih dari 25.000 jenis ini.

Jenis-jenis bunga anggrek

Meskipun bunga anggrek memiliki lebih dari 25.000 jenis yang tersebar di seluruh dunia, namun hanya beberapa jenis saja yang tumbuh di Indonesia. Berikut sebagian dari jenis-jenisnya:

  1. Anggrek Bulan

Bunga anggrek yang banyak tumbuh di daerah Kalimantan ini memiliki ciri khas yang warna yang putih dengan corak kuning dan merah dibagian tengahnya.

  1. Anggrek sendok

Anggrek jenis ini memiliki warna kuning memikat dengan kombinasi merah di bagian tengahnya.

  1. Anggrek kerlip

Anggrek ini memiliki bentuk tidak begitu mekar. Warna dari anggrek ini adalah ungu dengan kombinasi kuning di bagian tengahnya.

  1. Anggrek Hitam

Berdasarkan namanya, anggrek hitam memiliki warna hitam di bagian tengahnya, seedangkan warna kelopak luarnya hijau yang menambah kesan indah pada bunga tersebut.

Ke empat jenis anggrek di atas, merupakan sebagain kecil dari jenis anggrek yang tersebar di Indonesia. Selanjutya mari kita bahas mengenai cara merawat bunga anggrek yang benar sehingga dapat tumbuh subur dan berbunga indah.

6 Cara Ampuh Merawat Bunga Anggrek

berikut tips yang dapat anda lakukan dalam perawatan bunga anggrek yang benar.

  1. Perhatikan Jenis Tanah yang Dipakai

Karena angrek merupakan bunga yang tidak memerlukan banyak air, maka pastikan tanah yang digunakan adalah tanah yang cepat kering dan tidak meresap banyak air. Media tanah yang digunakan dapat anda kombinasikan dengan kulit kayu supaya tidak menyerap banyak air.

  1. Perhatikan Media Tanamnya

Sebagiknya media tanam yang digunakan menggunakan pot yang memiliki banyak drainase demi mengantisipasi kelebihan air di dalam tanah.

  1. Perhatikan Paparan Sinar Matahari Cukup

Karena bunga anggrek merupakan bunga yang memerlukan paparan sinar matahari yang banyak, maka pastikan menempatkannya menghadap ke timur supaya mendapat asupan cahaya matahari pagi.

Namun jika mampu, pastikan tidak langsung terkena paparan sinarnya. Maka dari itu, berikan tirai tipis untuk menghalangi sinar mataharinya supaya tidak langsung mengenai bunganya.

  1. Perhatikan Waktu

    Menyiramnya

Dalam menyiram bunga anggrek, tidak bisa sembarangan. Menyiramnya bergantung dengan iklim dan elembaban tanah. Jika memang tanah masih basah, sebaiknya jangan disiram, karena hal ini dapat menyebabkan kelebihan kadar air dan menjadikan akar bahkan batang pohon membusuk.

  1. Jaga Keadaan Suhu Lingkungan

Suhu lingkungan juga berpengaruh terhadap subur tidaknya tumbuhan ini. bunga anggrek dapat tumbuh subur, berbatang besar dan berbunga indah dengan suhu sekitar 16 hingga 24 derajat celsius. Hal itu tentu didukung dengan sirkulasi udara yang baik.

  1. Beri Pupuk

Pemberian pupuk dapat membantu pertumbuhan bunga pada tumbuhan anggrek ini. waktu pemberian pupuk bergantung dengan verietasnya, ada yang seminggu sekali bahkan ada yang sebulan sekali.

Bagi para pemula, hal-hal di atas dapat anda tanyakan langsung kepada penjual bunga atau petani bunga tempat anda beli supaya dapat merawat dengan baik bunga yang anda tanam.

By admin