Sat. Jul 2nd, 2022

5 Tips Merawat Mobil Jenis MPV

Merawat mobil ialah hal yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Hal ini di lakukan agar mobil tetap terjaga dan terawat serta nyaman dikendarai meskipun sudah lama. Beberapa diantaranya ialah mobil Alphard. Mobil Alphard adalah mobil jenis MPV ( Multi PurposeVehicle) premium atau mewah.

Umumnya Toyota Alphard memiliki pilihan 7 seat atau 8 seat. Mobil ini dirancang dengan sangat keren dengan kabin yang nyaman. Sehingga tak ayal mobil ini menjadi kendaraan para artis sampai pejabat.

Alphard pertama kali lahir pada tahun 2002 di Jepang. Hingga kini Alphard sudah muncul 3 generasi. Perawatan mobil ini juga tidaklah sulit. Asal dilakukan perawatan rutin maka mobil akan awet dan tahan lama.

Berikut ini tips perawatan mobil Alphard

  1. Ganti Oli Secara Teratur

Tidak hanya untuk mobil Alphard namun ganti oli secara teratur wajib untuk mobil lainnya juga.Bila jadwal ganti oli tiba maka tidak boleh di tunda. Karena kulitasoli akan makin turun. Pengaruhnya akan membuat mesin mobil menjadi rusak. Maka ganti oli bukanlah hal yang sepele.Rekomendasi untuk ganti oli bila mencapai 10.000 Km. Untuk mobil mevah ganti oli dilakukan tiap 2.500 sampai 5.000 Km. Jika mobil dipakai sesekali maka dianjurkan untuk ganti oli setiap 3 bulan sekali. Jangan sampai lupa untuk memeriksa dan mengganti filter oli. Kotoran yang menumpuk akan membuat oli yang melumasi tidak tersirkulasi dengan baik.

  1. Cek Aki

Aki ialah salah satu sistem yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke sistem – sistem yang membutuhkannya pada mobil. Sensor ketika mobil dinyalakan berrgantung pada aki mobil. Jika aki mobil terganggu maka kinerja mobil akan terganggu dan membuat mesin berputar tidak normal ketika di starter. Jika hal ini dibiarkan dan sudah ada kerusakan maka biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Mengingat tidak sembarang bengkel bisa menyervis mobil mewah.

  1. Cek Tekanan Ban

Empunya mobil mewah haruslah mengetahui tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan. Mobil yang kelebihan angin berpotensi kehilangan daya cengkeram terhadap aspal atau grip. Sedang ban yang kurang angin bisa mengakibatkan selip hingga pecah ban yang bisa mebahayakan bagi pengendara. Bagi mobil yang jarang di gunakan perawatannya bisa dengan mendongkrak ban mobil agar tidak terus terusan menempel pada lantai. Hal ini agar tidak terjadi flat spot atau membuat permukaan ban menjadi flat atau tidak rata karena ban menjadi tumpuan

  1. Panasi mesin mobil

Umumnya baik mobil mewah atau mobil biasa memanaskan mesin mobil sebelum digunakan hukumnya wajib. Cukup 5 menit saja. Jangan terlalu lama agar tidak mbuang bahan bakar secara percuma. Namun jika mobil jarang digunakan kamu bisa memaju mundurkan mobil agar sirkulasi oli dan ban tetap terjaga.

  1. Bahan bakar

Mobil mewah biasanya menggunakan bahan bakar oktan tinggi. Untuk mesin 3.000 CC biasanya menggunakan Research Octan Number 95. Mengisi bahan bakar dengan oktan yang tak sesuai atau rendah dapat menyebabkan kerusakan mesin akibat pembakaran yang tidak sempurna. Sehingga tenaga yang dihasilkan tidak maksimal dan malah membuat mesin semakin boros bahan bakar.

Itulah tadi beberapa cara perawatan mobil mewah. Susah – susah gampang bukan. Buat Kamu yang pengen bergaya pakai mobil Alphard tapi bingung cara perawatannya dan tidak mau ribet, kamu bisa sewa mobil Alphard di sewa alphard jakarta atau rental alphard jakarta

By admin