Sun. Jul 3rd, 2022

Berikut 11 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Otak Dan Sistem Saraf Anda!

Sistem saraf ialah unit dari tubuh kita yang mempunyai peran penting tidak hanya untuk melihat, mengerti dan meresponimpuls. Tapi juga untuk menerima,mengolah,mengiriminformasi ke seluruh bagian tubuh. Sistem saraf mengontrol dan mengendalikan tindakan secara langsung seperti berjalan,mengangkat tangan atau kegiatan lainnya yang sengaja kita lakukan. Dan juga kegiatan tidak kita pikirkan untuk melakukannya seperti bernafas dan jantung yang berdetak.

Peran sistem saraf pada tubuh yang paling utama ialah memperoleh, mengerjakan, dan menghantarkan rangsangan ke seluruh organ vital pada tubuh manusia.Peran sisitem saraf di bagi menjadi dua yaitu sistem saraf pusat dan saraf tepi.

Peran saraf pusat ialah mengontrol seluruh pengendalian dan pengolahan rangsang, mulai dari mengontrol pikiran,emosi, nafas,denyutjantung,hinggapengkoordinasian seluruh neuron untuk melakukan peran pengontrolan di dalam tubuh.

Peran sistem saraf tepi ialah menerima impuls dan mengirim responke seluruh tubuh yang sudah di godok oleh sistem saraf pusat. Saraf tepi terdiri dari

  1. Neuron sensorik berperan menerima impuls dari luar atau dari dalam tubuh. Contohnya seperti cahaya,suhu, tekanan dan lain sebagainya.
  2. Neuron motorik berperan memberi reaksi atau tanggapan tubuh terhadap impuls yang sudah Ko oleh sistem saraf pusat. Jika neuron ini atau terkena penyakit gangguan sistem saraf maka tubuh tidak bisa bergerak normal atau bahkan tidak bergerak sama sekali

Demi menjaga kesehatan sistem saraf dan mencegah gangguan Sistem Saraf . Kamu harus mengkonsumsi makanan berikut ini

  1. Sayur Hijau

Sayur yang mengandung zat hijau daun dapat mencegah alzheimer,Parkinson dan demensia. Mulai sekarang jangan segan untuk mengkonsumsi sayur hijau demi kesehatan sistem saraf

 

  1. Amaranthus ( Bayam)

Bayam mengandung antioksidan yang dapat melambatkan penuaan sistem saraf

 

  1. Gandum

Gandum mengandung vitamin B6 yang berfungsi menghancurkan zat kimia tertentu yang dapat menghambat penurunan otak dan sistem saraf. Gandum dapat di temukan dalam nasi cokelat.

  1. Kokoa

Kokoa ialah darkchocolate atau coklat gelap yang mempunyai kadar flavonovid cukup tinggi. Kokoa dipercaya mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sistem saraf yang diakibatkan stres.

  1. Almond

Kacang almond adalah makanan  yang bisa dimakan untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Karena mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi sebagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan otak dan sisitemsaraf.

  1. Bawang putih

Bawang putih nyatanya mempunyai segudang manfaat mulai dari dapat mencegah penyakit kanker, menghalau penuuan otak, menjaga kesehatan sistem saraf dan kardiovaskular meskipun rasa dan aromanya tidak mengenakkan.

 

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang disebutpolyphenol yang dipercaya ampuh menurunkan hipertensi dan kolesterol. Jadi minyak zaitun juga termasuk makanan untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

 

  1. Teh

Teh mengandung antioksidan yang dapat memperlancar peredaran darah. Sehingga mampu memperbaiki kemampuan sisitem saraf otak. Selain itu teh juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

 

  1. Ikan Laut

Salah satu makanannlaut yang bernutrisi ialah salmon,tuna,sarden dan mackerel. Karena mengandung Asam lemak omega-3 yang berperan penting untuk kesehatan sisitem saraf dan otak.

 

  1. Blueberry

 yang satu ini dikenal keefektifannya dalam membunuh radikal bebas. Sehingga blueberry juga termasuk dalam makanan yang mampu meningkatkan keefektifan kognitif otak.

  1. Delima

Delima dipercaya mengandung antioksidan tinggi. Banyak produk herbal berbahan dasar delima kini semakin banyak diperjual belikan di pasaran. Alasannya tak lain dan tak bukan buah delima memang kaya akan nutrisi dan dapat menjaga pikiran tetap aktif.

Mulai dari sekarang kamu bisa mengkonsumsi makanan diatas untuk menjaga otak dan sistem saraf kamu

By admin