Sat. Jul 2nd, 2022

Jangan Makan Mayonaise dengan Ciri-Ciri Ini!

Mayonaise menjadi salah satu olahan makanan yang mudah sekali basi. Apalagi jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Karena biasanya proses pembuatan tersebut kurang memperhatikan sanitasi, sehingga rentan terkena kontaminasi.

Apalagi bahan-bahan yang digunakan biasanya sangat mudah terkena bakteri dan jamur. Jika tidak beruntung, sehari saja mayonaise bisa basi. Karena itu, kamu harus berhati-hati ketika ingin mengkonsumsi mayonaise ini.

Nah, berikut ini tanda-tanda mayonaise yang sudah tidak lagi layak dikonsumsi!

Muncul Jamur

Saus yang satu ini sangat mudah sekali terkontaminasi. Apalagi bahan pembuatnya terdiri dari telur dan minyak. Dua bahan tersebut sangat mudah ditumbuhi jamur, jika proses pembuatannya tidak terlalu bersih.

Kemunculan jamur ini pastinya sangat berbahaya ketika dikonsumsi. Jamur tersebut bisa terlihat dengan jelas. Ciri-cirinya seperti ada benang halus yang berada di permukaan mayonaise tersebut.

Saat mendapati jamur tersebut, segera buang saja mayonaise tersebut. Jika kamu mengkonsumsinya bisa-bisa membuat perut sakit.

Muncul Bau Tidak Sedap

Adanya bau yang tidak sedap menunjukkan proses kontaminasi terhadap mayonaise sudah menyeluruh. Artinya bakteri dan jamur sudah berkembang biak, dan memproduksi berbagai senyawa yang beracun. Jadi, ketika muncul bau yang tidak, pastikan jangan sampai memakannya.

Warna Berubah Kecoklatan

Warna mayonaise yang normal adalah putih. Warna tersebut terbentuk dari olahan susu dan minyak. Namun, saat kamu mendapati warnanya sudah agak kecoklatan, berarti mayonaise sudah terkena kontaminasi bakteri.

Jangan pernah mengkonsumsinya, karena mayonaise yang berubah warna mengindikasikan sudah beracun.

Warna Kusam Kehitaman

Warna mayonaise yang berubah mengindikasikan ada bakteri atau jamur yang masuk ke dalamnya. Warna kehitaman ini disebabkan oleh adanya mikroba tertentu yang sudah merusak mayonaise dari segi kandungannya. Sama halnya dengan perubahan warna kecoklatan, namun dengan mikroba yang berbeda.

Tekstur Mayonaise Menggumpal

Ciri-ciri mayonaise seperti ini juga jangan sampai dikonsumsi. Perubahan tekstur tersebut juga mengindikasikan, bahwa mayonaise sudah tidak lagi aman. Jadi segera jauhkan mayonaise, sehingga tidak dimakan oleh orang rumah.

Untuk mendapatkan produk mayonaise yang aman punya daya tahan yang lama, Maestro bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi harga mayonaise Maestro 1 kg sangat terjangkau, sehingga kamu tidak harus membuat mayonaise sendiri.

Itulah ciri-ciri mayonaise yang sudah basi dan tidak layak dimakan. Jadi, pastikan kamu memilih produk mayonaise terbaik yang bersih, aman, tahan lama, dan lezat seperti produk Maestro ini.

By admin