Sat. Jul 2nd, 2022

Aktivitas Fisik Ringan, Sederhana namun Menyehatkan

 

Aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan tidak selalu harus dilakukan dengan intensitas tinggi seperti berolahraga di pusat kebugaran. Aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki, naik turun tangga, memasak, atau sekedar membersihkan rumah ternyata juga bisa berdampak baik untuk kesehatan.

Sekilas mengenai Aktivitas Fisik Ringan

Aktivitas fisik merupakan setiap gerakan tubuh yang melibatkan kinerja otot serta dapat meningkatkan pengeluaran tenaga dari tubuh.

Aktivitas fisik berbeda dengan olahraga. Olahraga lebih menekankan pada latihan fisik yang dilakukan dengan maksud tertentu, seperti melatih salah satu bagian tubuh tertentu.

Aktivitas fisik dapat dilakukan dimana saja. Anda bisa melakukannya di berbagai tempat, mulai dari kantor, rumah, lapangan, halaman rumah, hingga sekolah. Cakupan aktivitas fisik sangat luas.

Aktivitas fisik terbagi menjadi tiga jenis yaitu aktivitas fisik ringan, sedang, dan tinggi. Aktivitas fisik ringan adalah aktivitas fisik yang hampir dilakukan setiap hari baik secara sadar maupun tidak sadar. Misalnya saja berjalan kaki, aktivitas ini termasuk dalam aktivitas ringan yang secara tidak sadar Anda lakukan setiap hari.

Berbeda dengan aktivitas fisik tinggi yang membutuhkan tenaga yang besar. Untuk aktivitas fisik dengan intensitas ringan hanya memerlukan tenaga yang sedikit. Selain itu, aktivitas yang ringan tidak menyebabkan perubahan yang berarti dalam pernapasan. Besaran energi yang dikeluarkan saat melakukan aktivitas ini kurang dari 3,5 Kcal per menit.

Manfaat Aktivitas Fisik Ringan

Sebagian besar orang belum paham mengenai manfaat yang akan diperoleh dari aktivitas fisik yang dilakukan. Walaupun hanya sekedar aktivitas ringan, manfaat yang dirasakan tubuh sangat besar.

Kurangnya aktivitas fisik yang Anda lakukan akan berdampak buruk. Dampak tersebut tidak Anda rasakan secara langsung melainkan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk sekedar melakukan aktivitas fisik ringan agar Anda mendapatkan manfaat.

Berikut manfaat yang dapat Anda rasakan saat melakukan aktivitas fisik.

  1. Terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan;
  2. Meningkatkan kualitas tidur karena sering bergerak;
  3. Meningkatkan rasa percaya diri seseorang;
  4. Membuat pikiran lebih ke arah yang positif;
  5. Meningkatkan kemampuan fisik;
  6. Mengurangi stres dan depresi;
  7. Meningkatkan kemampuan berpikir yang tetap tajam terutama bagi orang berusia lanjut.

Contoh Aktivitas Fisik Ringan dalam Kehidupan Sehari-hari

Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI, ada beberapa contoh aktivitas fisik ringan yang baik untuk kesehatan. Berikut contoh aktivitas fisik ringan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Berjalan santai baik saat di rumah, tempat kerja, maupun pusat perbelanjaan;
  • Berdiri melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel lantai, memasak dan mencuci piring
  • Duduk bekerja di depan layar komputer;
  • Bekerja mengoperasikan mesin dengan posisi berdiri maupun duduk;
  • Melakukan latihan pemanasan dan peregangan dengan intensitas ringan/lambat;
  • Melakukan aktivitas seperti memancing, menembak, memanah, bermain biliar, dan masih banyak aktivitas lain yang intensitasnya ringan.

Setelah membaca penjelasan di atas, jangan lagi menyepelekan aktivitas fisik ringan untuk kesehatan Anda. Jika selama ini Anda termasuk orang mager (malas gerak), mulailah untuk merubah kebiasaan buruk Anda tersebut. Mulailah untuk lebih sering melakukan aktivitas atau gerakkan aktif walaupun hanya sedekar aktivitas ringan.

Tidak ada aktivitas yang berbuah baik jika tidak dilakukan secara bertahap. Jangan memaksakan untuk langsung melakukan aktivitas tinggi seperti olahraga berat. Lakukan aktivitas fisik secara bertahap dan konsisten agar Anda merasakan manfaatnya.

By admin