Sat. Jul 2nd, 2022

5 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Tepat

Asuransi kesehatan keluarga merupakan salah satu jenis asuransi yang bias Anda pertimbangkan untuk dimiliki. Asuransi jenis ini akan memberikan perlindungan terhadap kesehatan Anda dan keluarga.

Dalam memilih asuransi kesehatan untuk keluarga, Anda harus tidak boleh sembarangan. Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli asuransi jenis ini. Pemahaman akan jenis perlindungan, batasan, dan kebijakan-kebijakan lainya.

Agar Anda tidak salah memilih asuransi kesehatan keluarga, berikut beberapa tips yang bias Anda ikuti.

  1. Tingkat Asuransi

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah tingkatan asuransi kesehatan keluarga yang akan diambil. Sesuaikan tingkat asuransi dengan kemampuan membayar premi dan jumlah anggota yang diasuransikan. Sebagai contoh, untuk pasangan baru menikah sebaiknya mengambil asuransi kesehatan paling dasar. Sedangkan untuk keluarga dengan anggota yang sudah tua dan membutuhkan perawatan rutin, sebaiknya mengambil asuransi dengan tingkatan yang lebih tinggi.

  1. Cakupan Perlindungan

Dalam memilih asuransi kesehatan keluarga, Anda harus memahami betul isi perjanjian asuransi atau polis. Anda harus memilih cakupan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Anda harus paham mengenai cakupan perlindungan yang diberikan pihak asuransi, seperti perawatan sebelum dan sesudah perawatan, besaran biaya pertanggungan, dan kebijakan lainnya.

  1. Kemudahan dalam Menambah Anggota Baru

Saat Anda membeli asuransi kesehatan keluarga, pastikan Anda memperoleh kemudahan dalam menambahkan anggota baru dalam polis asuransi. Anda juga perlu mengetahui dan mempertimbangkan kemudahan dalam hal penggantian anggota yang meninggal dengan anggota keluarga lain tanpa adanya perbedaan manfaat.

  1. Klausul Periode Menunggu

Rencana asuransi kesehatan keluarga biasanya mencakup penyakit yang sudah ada, biaya melahirkan, maupun biaya lainnya. Masa tunggu dari asuransi cukup bervariasi dari satu rencana ke rencana lainnya. Sebagai contoh, biaya untuk kehamilan biasanya ditanggung setelah jangka waktu 2 hingga 4 tahun sejak tanggal pembelian.

  1. Paket Pembaruan Seumur Hidup

Untuk memudahkan Anda melanjutkan paket asuransi kesehatan keluarga, sebaiknya Anda memilih asuransi dengan paket pembaruan seumur hidup. Dengan memilih paket tersebut, Anda tidak perlu repot membeli polis lain setelah masa berlaku asuransi berakhir.  Apabila Anda tidak menggunakan paket pembaruan seumur hidup, maka Anda harus membeli polis lain dengan harga yang lebih mahal saat telah melewati batas usia.

Demikian tadi 5 tips memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik. Anda bias mengikuti tips tersebut dalam melakukan pemilihan jenis asuransi yang tepat untuk jaminan kesehatan Anda dankeluarga.

By admin